Jumat, 08 Januari 2016

KEORGANISASIAN DAN KEPEMIMPINAN SERTA MOTIVASI MASUK HMPS Hukum Keluarga


Organisasi menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah Kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan pemimpin adalah pelaku utama sebuah proses organisasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa keorganisasian adalah tempat atau wadah dimana berkumpulnya kelompok orang yang ingin bekerjasama antara satu  dan yang lainnya dalam kelompok itu untuk mencapai sebuah tujuan dari organisasi tersebut.

Sedangkan kepemimpinan adalah sebuah sikap seseorang dalam suatu aktivitas berorganisasi yang mempunyai keahlian memimpin dan mempunyai pengaruh dalam mencapai tujuan bersama. Untuk itu  keorganisasian dan kepemimpinan sangatlah erat hubungannya.

Selain itu organisasi juga dapat membentuk karakter seorang pemimpin, karena dalam setiap organisasi kita diajarkan bagaimana cara memimpin dan dipimpin. Didalam organisasi juga kita dapat megenali berbagai karakter dari setiap orang yang bergabung dalam organisasi tersebut. Bukan hanya mengenali, tetapi kita juga harus memahami setiap karakter yang ada dalam organisasi tersebut, agar terjalinnya keharmonisan antara sesama dan agar dapat bersikap profesionalitas dalam mencapai tujuan bersama dalam sebuah  organisasi.

Banyak sekali yang menganggap bahwa dengan ikut organisasi ketakutan kegiatan belajar di sekolah atau di kampus akan terganggu. Justru sebaliknya, dengan ikut serta dalam organisasi kita dilatih untuk belajar  mengatur waktu, tidak bersantai-santai dan bermalas-malasan. Kita pun dilatih berjiwa besar. Karna dalam mengikuti sebuah organisasi kita dilatih untuk berkerja keras, cerdas dan ikhlas.

Seorang pemimpin haruslah mempunyai motivasi dalam dirinya sebelum memotivasi rekan kerja yang ada didalam organisasi yang dipimpinnya. Karena kewajiban dari seorang pemimpin adalah berorientasi sebagai pelayanan dari setiap masalah yang dikeluhkan oleh setiap orang yang ada didalam organisasi tersebut.  Pemimpin juga harus selalu membawa energy positif pada rekan kerjanya yang didasarkan dari keikhlasan dan keinginan mewujudkan kesuksesan bersama. Seorang pemimpin juga harus memberikan kepercayaan kepada rekan kerjanya, sehingga mereka mempunyai motivasi dan mempertahankan pekerjaan yang baik. Lebih baiknya lagi jika
kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin harus diikuti dengan kepedulian dari pemimpin tersebut.

Menjadi pemimpin yang berprinsip dalam organisasi dibutuhkan sebuah pengalaman, karena seorang pemimpin tidak mungkin ketika lahir dari rahim ibunya langsung menjadi pemimpin yang berprinsip, pasti akan diperlukan proses pembelajaran dalam menjalani kehidupan. Teori-teori diatas bukan pedoman yang mesti dipakai dalam menggambarkan pemimpin dan kepemimpinan, karena ilmu pengetahuan akan terus berkembang yang kemudian akan menghasilkan perubahan–perubahan, atau juga akan disesuaikan dengan kondisi dan realitas di mana tempat seseorang menjadi pemimpin.

Rasulullah SAW pernah bersabda: setiap dirimu sekalian adalah pemimpin bagi diri kalian sendiri. Dari sini dapat simpulkan bahwa setiap orang punya kemampuam memimpin. Minimal untuk dirinya sendiri. Dan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dalam setiap orang salah satunya adalah dengan mengikuti  organisasi. Dari hadis ini pun niat saya dimulai. Saya ingin mengasah kemampuan kepemimpinan dalam diri saya dan ingin mempunyai pengalaman baru dalam berorganisasi. Salah satu jalan dan kesemptan yang saya miliki adalah dengan mengikuti dan bergabung kedalam organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga. Selain untuk mengasah kemampuan, saya juga ingin berpartisipasi untuk membantu mengaharumkan HMPS Hukum Keluarga yang belum berjalan secara optimal. Saya ingin berpartisipasi dalam menjalankan program-program yang ada didalamnya. saya ingin membantu mewujudkan HMPS Hukum Keluarga yang terbaik dibandingkan dengan program study yang ada di fakultas syari’ah dan hukum. Saya akan berusaha dan terus berusaha dan belajar dalam mewujudkan HMPSHK yang sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh keluarga besar Hukum Keluarga, tentunya yang sesuai dengan visi-misi yang telah dibentuk oleh ketua dan wakil ketua HMPSHK yang baru.